BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Laman

Jumat, 29 Oktober 2010

Merapi Kembali Semburkan Awan Panas

Jum'at, 29 Oktober 2010 - 13:59 wib
Muhammad Saifullah - Okezone
JAKARTA- Peningkatan aktivitas vulkanik di Gunung Merapi kembali terjadi siang ini. Hal itu ditandai dengan kenaikan intensitas guguran lava serta keluarnya awan panas.

“Arahnya ke Kali Bendo,” ujar Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta Subandrio kepada okezone di Jakarta, Jumat (29/10/2010).

Dengan kondisi seperti di atas, maka status Gunung Merapi tetap berada pada level Awas. Sehingga erupsi lanjutan diperkirakan masih berpotensi terjadi lagi.

Seperti diketahui, pada dini hari tadi, awan panas atau biasa dikenal dengan Wedhus Gembel terus turun dari puncak Gunung Merapi. Sejak pukul 00.00 WIB, setidaknya tercatat sudah dua kali Wedhus Gembel turun.

Berdasarkan data dari BPPTK Yogyakarta, Wedhus Gembel juga sempat turun pada pukul 06.10 WIB dan pukul 08.41 WIB. Pada pukul 06.10 WIB Wedhus Gembel turun selama tiga menit dan pukul 08.10 WIB, turun selama 10 menit.

Saat kedua Wedus Gembel tersebut turun diperkirakan menuju Kali Gendol. Namun petugas tidak bisa melihat dengan jelas karena kabut tebal di badan Gunung Merapi.

Sementara itu, status kewaspadaan Merapi terus ditingkatkan karena titik api sudah terlihat sejak semalam. Petugas juga belum bisa memastikan apakah kubah lava sudah terbentuk atau belum karena pandangan visual tidak bisa dilakukan.

Sekadar informasi, sejak Jumat dini hari setidaknya telah terjadi guguran lava sebanyak 87 kali, multifase 53 kali, gempa dalam 1 kali, dan gempa dangkal 15 kali.

0 komentar: