BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

environmental chemistry

Loading...

Laman

Sabtu, 08 Januari 2011

PENCEMARAN SABUN PADA BAK MANDI




Air merupakan komponen lingkungan yang penting bagi kehidupan. Makhluk hidup di muka bumi ini tak dapat terlepas dari kebutuhan akan air. Air merupakan kebutuhan utama bagi proses kehidupan di bumi, sehingga tidak ada kehidupan seandainya di bumi tidak ada air. Namun demikian, air dapat menjadi malapetaka bilamana tidak tersedia dalam kondisi yang benar, baik kualitas maupun kuantitasnya. Air yang relatif bersih sangat didambakan oleh manusia, baik untuk keperluan hidup sehari-hari, untuk keperluan industri, untuk kebersihan sanitasi kota, maupun untuk keperluan pertanian dan lain sebagainya. Sekarang ini.

Dalam PP No. 20/1990 tentang Pengendalian Pencemaran Air, pencemaran air didefinisikan sebagai : “pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya mahluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiaan manusia sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya” (Pasal 1, angka 2). Berdasarkan definisi pencemaran air, penyebab terjadinya pencemaran dapat berupa masuknya mahluk hidup, zat, energi atau komponen lain ke dalam air sehingga menyebabkan kualitas air tercemar. Masukan tersebut sering disebut dengan istilah unsur pencemar, yang salah satunya berupa sabun. Indikator atau tanda bahwa air lingkungan telah tercemar adalah adanya perubahan atau tanda yang dapat diamati yang dapat digolongkan menjadi : 6

- Pengamatan secara fisis, yaitu pengamatan pencemaran air berdasarkan tingkat kejernihan air (kekeruhan), perubahan suhu, warna dan adanya perubahan warna, bau dan rasa.

- Pengamatan secara kimiawi, yaitu pengamatan pencemaran air berdasarkan zat kimia yang terlarut, perubahan pH.

- Pengamatan secara biologis, yaitu pengamatan pencemaran air berdasarkan mikroorganisme yang ada dalam air, terutama ada tidaknya bakteri pathogen.

Pencemaran sabun terjadi pada sebuah kost-kotsan di daerah Samirono 343 Depok Sleman Yogyakarta. Bak mandi yang awalnya berisi air bersih bisa mendadak menjadi keruh setelah ada beberapa penghuni kostan yang mempunyai kebiasaan mandi terlalu semangat sehingga sabun yang menempel pada tubuh selama mandi ikut masuk kembali ke bak mandi tersebut pada saat membilasnya. Menurut salah satu penghuni kost, pelaku tersebut selalu membuat bak mandi keruh dengan air sabun. Dugaan yang sampai saat ini dapat di nalar secara logis adalah pelaku tersebut mandi dengan sabun cair dan sponnya masuk ke dalam bak mandi. Hal itu terjadi hampir setiap hari yang mengakibatkan penghuni yang lain malas mandi dengan air yang kotor dan bak mandi harus dikuras tiap hari. Hal itu menjadikan pemborosan air. Bila 1 bak mandi telah tercemar dengan air sabun maka air 1 bak tersebut harus dikeluarkan semua dan mengganti dengan air yang bersih sehingga pemakaian air bersih menjadi boros.

Usaha yang dilakukan para penghuni kost tersebut adalah menempel sebuah pengumuman di dalam kamar mandi agar para semua penghuni kost menjaga kebersihan bak mandi dan diharapkan berhati-hati dalam mandi dikarenakan sering terjadi pengkeruhan air pada bak mandi dan juga menegur para pelaku tersebut. Dan sekarang usaha tersebut menuai hasil. Dahulu sebelum melakukan hal-hal tersebut, para penghuni kost minimal menguras bak mandi hampir tiap hari, akan tetapi sekarang penghuni kost tersebut menguras bak mandi minimal seminggu 2 kali. Meskipun tidak bisa menghilangkan kebiasaan para pelaku yang diduga lebih dari 1 orang yang selalu membuat bak mandi keruh dengan air sabun yang secara tidak sengaja masuk ke dalam bak mandi setidaknya sekarang sudah jarang terjadi pengkeruhan bak mandi.

Akibat lain yang disebabkan oleh pengkeruhan bak mandi adalah bak mandi menjadi sering berkerak dan kerak tersebut susah untuk dibersihkan. Kerak tersebut berwarna coklat. Hal itu mungkin dikarenakan sabun yang masuk ke dalam bak mandi bereaksi dengan air dalam bak yang merupakan air sadah. Sabun bereaksi dengan air sadah membentuk endapan dan meninggalkan residu dalam bak tersebut yang lama kelamaan mengendap menjadi kerak. Dari pihak pemilik kost selalu membersihkan bak dengan stillwod dan cairan pembersih bak mandi. Ada beberapa penghuni kost yang terpaksa mandi menggunakan air yang tercemar sabun dan setelah itu mereka merasakan badannya gatal-gatal.

Air bersih merupakan kebutuhan vital bagi kehidupan manusia. Air bersih disediakan oleh air tanah. Namun, seiring dengan perkembangan populasi manusia, ketersediaan air bersih menjadi masalah karena air semakin hari semakin tercemar. Untuk itu dilakukan usaha untuk mencegah pencemaran air yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Air tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan domestik baik untuk minum, makan, mencuci dan sebagainya. Lebih dari 10 juta jenis zat kimia yang beredar dalam kehidupan manusia yang limbahnya masuk ke badan air dan membuat pencemaran. Dalam kasus ini zat kimia tersebut berupa sabun yang mencemari air dalam bak mandi. Pencemaran air harus dikendalikan sedemikian rupa untuk mencegah pemborosan air bersih. Menghindari penggunaan air secara berlebihan merupakan hal paling dasar yang bisa dilakukan untuk mengurangi pemborosan air bersih. Apalagi jika air tersebut diambil langusng dari dalam perut air tanah. Di samping mengurangi cadangan air bersih, penyerapan air tanah secara berlebihan juga berdampak buruk pada keseimbangan lingkungan. Saat ini terutama di daerah perkotaan, eksploitasi terhadap air tanah sudah mencapai tahap memprihatinkan. Jika dibiarkan terus menerus , bukan tidak mungkin timbul kerusakan lingkungan dalam taraf yang mengerikan. Apalagi di Yogyakarta sendiri pasokan air bersih berasal dari mata air gunung merapi. Secara kimia yang dimaksud dengan air bersih adalah air yang mempunyai pH netral, artinya tidak bersifat basa ataupun asam. Sedangkan bila air tersebut tercemar dengan sabun maka air tersebut akan bersifat basa karena sabun bersifat basa.







0 komentar: